Peluang Bisnis Online Tanpa Modal Dengan Sistem Dropship – Bisnis dropship pastinya sudah tidak asing lagi buat sobat. Bahkan mungkin sebagian dari sobat tengah menjalankan bisnis dropship. Dan banyak juga dari sobat yang bertanya-tanya, apakah benar sistem dropship adalah bisnis yang tanpa harus mengeluarkan modal. Lalu apa bedanya dengan sistem reseller??
Bagi sobat yang belum paham, saya akan sedikit menjabarkannya. Sistem dropship adalah jualan sebuah produk dengan cara online, dimana si penjual tidak perlu membeli produk untuk stock. Jadi modal dropship adalah mempunyai foto dan detail / info produk tersebut kemudian upload ke sosial media, blog ataupun marketplace. Sedangkan reseller adalah sistem jualan produk bisa secara online ataupun offline, tapi penjual harus membeli produk tersebut untuk keperluan stock barang.

Peluang Bisnis Online Tanpa Modal Dengan Sistem Dropship
Untuk sistem dropship, penjual tidak perlu repot untuk mengerjakan proses pengiriman barang ke pembeli. Hal ini dikarenakan supplier kita lah yang mengerjakannya dan enaknya lagi produk yang akan dikirim oleh sang supplier itu atas nama kita. Sehingga pembeli pun mengira kalau barang tersebut langsung dari kita dan kredibilitas kita sebagai penjual pun tetap terjaga.
Sebagai dropshiper kita harus berhasil memasarkan produk dari sang suppplier. Karena semakin banyak barang yang terjual maka keuntungan kita pun semakin banyak. Untuk sistem dropship saya tidak menyarankan untuk memasarkannya secara offline, hal ini dikarenakan kita tidak punya stock barang untuk diperlihatkan ke calon pembeli. Sistem dropship akan sangat efektif bila kita memasarkannya secara online. Hal ini dikarenakan kita tidak punya stock dan kita pun bisa menjaring banyak calon pembeli. Berbagai sarana pemasaran yang bisa digunakan adalah dengan membuat blog toko online pribadi, forum, marketplace seperti lazada, shopee, facebook, instagram, whatsapp, BBM, telegram dan lainnya.
Sistem dropship sebenarnya sangat sederhana dan mudah untuk dipelajari. Kita memilih produk dari supplier, kemudian kita ambil foto dari katalog mereka. Kita upload foto tersebut ke media pemasaran dan diberi keterangan singkat mengenai produk tersebut dan jangan lupa untuk memberi harga yang sudah kita naikan. Setelah customer menentukan produk dan mengirim uang dengan harga yang telah ditentukan. Maka tugas kita adalah membeli barang yang sama ke supplier dan memberi note untuk supplier kita. Dimana note itu berisi bahwa kita sebagai dropshipper dan meminta supplier mengirim barang tersebut sesuai dengan identitas toko kita. Tidak ketinggalan untuk mengirim data customer kita ke supplier.

Peluang Bisnis Online Tanpa Modal Dengan Sistem Dropship

Peluang bisnis online tanpa modal ini memang terlihat sangat mudah, bahkan si penjual dapat menjual berbagai macam produk, dijalankan dimanapun kapanpun, yang penting ada smartphone dan juga koneksi internet. Namun, setiap bisnis itu pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Bahkan bisnis yang semudah dropship juga ada kekurangannya.

Kelebihan bisnis dropship

  1. Tanpa Modal Besar
    Seperti yang sudah dijabarkan diatas, bahwa sistem dropship bisa dijalankan tanpa modal yang besar. Modalnya hanyalah untuk biaya internet. Tanpa harus buka toko yang nyata, cukup jual secara online karena jaman sekarang semua serba online.
  2. Dapat Dikerjakan Dari Mana Saja
    Bisnis ini bisa dikerjakan dimana saja dan kapanpun asal kita punya koneksi internet. Karena hubungan dengan supplier ataupun customer bisa dilakukan secara online. Baik itu lewat email, chating atau lainnya.
  3. Praktis
    Sebagai seorang penjual, kita tidak perlu pusing untuk urusan stock barang, packing sampai mencari jasa pengiriman. Tanpa melakukan hal tersebut barang pesanan sudah sampai di tangan customer atas nama pengirim adalah kita. Dan kita tidak perlu lagi memikirkan perencanaan bisnis yang rumit karena itu dilakukan oleh supplier. Dan kita bisa menjual sampai ribuan produk hanya dengan bermodal smartphone.

Kekurangan Bisnis Dropship

  1. Keuntungan Kecil
    Keuntungan yang diambil oleh dropshiper biasanya kecil. Memang bisa kalau ingin mengambil untung yang lebih tinggi. Tapi ini cukup beresiko karena yang terjun dalam bisnis dropship juga banyak. Tapi bila strategi kita bagus maka kita bisa menjual dengan untung yang lumayan tinggi. baca juga cara mudah meningkatkan penjualan toko online anda
  2. Info Stok Barang Tidak Up to Date
    Info stock barang tidak bisa diketahui oleh dropshipper karena data tersebut hanya supplier yang tahu. Bisa jadi saat kita membeli sebuah produk dan ternyata produk tersebut sudah habis, kita tidak tahu karena supplier belum mengupdate ketersediaan barang di website mereka. Hal ini pasti akan membuat customer kita kecewa dan membuatnya kapok untuk beli dilapak kita.
  3. Info barang kurang detail
    Saat customer bertanya tentang detail sebuah produk, kita sebagai penjual harus bisa memberikan jawaban atas pertanyaan mereka. Dropshipper biasanya hanya fokus pada penjualan tanpa memahami detail dan spesifikasi produk tersebut. Hal ini tentu saja akan membuat customer kurang yakin dengan produk kita.
  4. Orang Yang Mendapat Komplain
    Apabila supplier mengirim produk tidak sesuai dengan pesanan ataupun proses pengiriman yang terlambat, maka kita sebagai dropshipper lah yang akan kena komplain. Hal ini dikarenakan customer membeli pada kita bukan pada supplier. Oleh sebab itu kita tidak bisa memilih supplier dengan sembarangan. Banyak hal yang harus kita pertimbangkan.

Demikianlah penjelasan tentang bisnis dropship yang saya rangkum. Peluang bisnis online tanpa modal yang bisa sobat jalankan dari mana saja, kapanpun dan tanpa ribet. Calon customer kita pasti bermacam-macam, ada yang langsung beli, tanya sedetail mungkin baru beli bahkan CLBK ( Chat Lama Beli Kagak ). Yang pastinya kita harus sabar dalam mengelola bisnis online yang satu ini. Semoga artikel ini bisa membantu sobat dalam membangun bisnis dropship dan apabila punya tips ataupun saran bisa di coret-coret di kolom komentar.

 

Salam Gilang Tegar

Leave a Reply