Mengenal Jenis Keyword dan Fungsinya – Bagi sobat yang baru terjun dalam dunia blog pasti banyak yang belum paham tentang keyword dan fungsinya. Keyword adalah kata kunci yang kita pilih untuk dijadikan tema utama dalam menulis atau menentukan nama blog kita ( sering disebut Keyword On Domain ). Untuk menentukan kualitas suatu blog bisa kita lihat dari postingannya, dan banyak yang mengatakan kalau nyawa dari suatu postingan adalah keywordnya.

macam-macam keyword dan fungsinya

Kita tidak bisa sembarangan dalam menentukan sebuah keyword untuk postingan kita, hal ini dikarenakan 2 hal penting yaitu volume pencarian dan pesaing kita. Percuma saja kita membuat postingan yang berkualitas kalau pesaing kita sangat banyak sedangkan orang selalu membaca blog atau web pada halaman pertama. Maka bukan hal yang mustahil blog kita akan tenggelam dalam pencarian google. Baca juga 7 kesalahan blogger pemula

“Hal ini berlaku untuk blog baru atau blog yang belum mempunyai nama di mesin pencari”

Kecuali kalau sobat mempunyai uang bebas untuk membeli backlink atau menggunakan jasa Google Ads. Kembali ke topik semula, dalam dunia blog ada beberapa macam jenis keyword dan mempunyai keuntungan masing-masing.

Jenis Keyword dan Fungsinya

1. Keyword musiman
Keyword jenis ini hanya bersifat musiman atau sementara. Namun tidak dipungkiri kalau blogger yang menggunakan keyword musiman bisa menjaring pengunjung yang sangat banyak. Hal ini disebabkan karena pengunjung selalu mencari berita terbaru melalui internet. Tapi penulis harus selalu update blog mereka karena kalau tidak postingan mereka akan sepi pengunjung seiring berita yang diangkat sudah tidak booming lagi.
Tema yang biasa diangkat biasanya berita, gosip, review pertandingan olahraga, smartphone dan lain-lain. Contoh : hasil pertandingan arsenal vs real madrid, pernikahan putra presiden
2. Keyword abadi
Keyword jenis ini bersifat permanen dan akan selalu dicari oleh penjelajah internet. Karena tema yang diangkat biasanya tentang tutorial, kesehatan, travel dan lain lain. Kita tidak perlu repot-repot rajin update blog, bisa 1 hari sekali 1 minggu sekali bahkan 1 bulan. Walaupun pengunjung tidak sebanyak dengan pengunjung keyword abadi, tapi hal ini bisa tertutupi dengan pengunjung yang tak akan habis. Contoh : cara ampuh mengatasi diare, tempat wisata di gunung kidul dan lain-lain.
3. Short tail keyword
Short tail keyword adalah kata kunci yang biasanya hanya terdiri dari satu atau dua kata saja. Kata kunci ini mempunyai kelebihan yaitu volume pencarian yang sangat banyak, dan nilai iklan yang tinggi tapi kelemahannya adalah tingkat saingannya pun sangat banyak. Blog atau web yang menggunakan short tail keyword biasanya sebuah perusahaan atau orang yang menggunakan jasa backlink dan iklan untuk mendukung SEO blog mereka. Sehingga blog mereka akan berada pada halaman pertama search engine walaupun masih berstatus blog baru. Contoh short tail keyword : Smartphone terbaru, laptop.
4. Long tail keyword
Long tail keyword adalah turunan dari short tail keyword. Kata kunci jenis ini mempunyai tingkat persaingan yang lebih rendah walaupun volume pencariannya juga rendah. Kata kunci ini bisa menjaring pengguna yang tertarget sehingga bisa menaikan nilai pendapatan untuk penayangan iklan. Contoh : cara cepat menurunkan berat badan secara alami, daftar harga smartphone terbaru dengan spesifikasi tinggi. baca juga 3 cara mudah riset long tail keyword

Kita sudah membahas cukup banyak tentang jenis keyword dan fungsinya. Untuk para blogger baru, kata kunci jenis long tail keyword sangat direkomendasikan karena bisa mendongkrak blog kita ke halaman pertama search engine mengingat tingkat persaingannya tidak sebanyak short tail keyword. Tapi walaupun tingkat persaingan yang lebih rendah, kita tetap harus menjaga kualitas blog kita lewat konten. Tetap menulis yang bermanfaat dan update konten secara teratur.

Salam Gilang Tegar

Leave a Reply