Cara Mudah Meningkatkan Penjualan Toko Online – Kunci utama suksesnya sebuah toko online bisa dilihat dari segi customernya. Untuk menjaring banyak customer tentunya kita harus memberi layanan yang baik dan menaikan reputasi toko online kita. Tahukah sobat kalau hal-hal kecil dan kita rasa sepele itu justru bisa menaikan reputasi toko onlie yang kita kelola. Sebagai contoh memanggil customer dengan sebutan “kak”, mengucapkan terimakasih, mengucapkan ditunggu kedatangannya kembali bahkan sampai menawarkan pengiriman gratis.

Sebagai contoh kita bayangkan kita sendiri yang berbelanja, ternyata customer servisnya jutek, pelayanan yang tidak ramah dan di akhir belanja sama sekali tidak ada ucapan terimakasih, pastinya kita akan kesal dan mulai berfikir tidak akan belanja di lapak tersebut lagi. Bukan hanya di dunia offline tapi berbelanja online juga seperti itu, hal-hal kecil inilah yang mempunyai dampak besar terhadap reputasi toko online yang kita kelola. Dengan reputasi toko yang baik maka akan mendatangkan banyak customer dan beujung pada meningkatnya penjualan.

meningkatkan penjualan toko online

Tips Untuk Meningkatkan Penjualan Toko Online

  1. Produk Up Sell dan Cross Sell
    Sistem up-selling bisa di artikan dengan menawarkan beberapa produk yang mirip dengan produk yang sedang dilihat oleh customer namun tentunya dengan harga yang berbeda. Jadi di toko online sobat bisa menampilan “related product” yang mirip dengan produk yang sedang dilihat oleh customer. Sedangkan untuk produk cross-sell adalah menampilkan produk pelengkapan dari produk yang sedang dilihat oleh customer. Produk-produk pelengkap ini bisa ditampilkan di halaman detil produk ataupun pada waktu check-out. Sehingga dengan cara ini customer bisa menambah belanjaan mereka tanpa kita perlu repot-repot menawarkan barang yang serupa atau pelengkapnya.
  2. Memberikan Diskon Khusus
    Dengan mencantumkan kode diskon pada lapak kita tentunya akan menarik perhatian customer. Ada 2 cara untuk tips ini. Yang pertama adalah memberi diskon pada produk kita yang jarang laku. Kita harus segera menjual produk ini dikarenakan produk tersebut memiliki perputaran yang lambat dan tentu saja akan mengurangi cash-flow kita dan juga menghambat peningkatan penjualan karena adanya produk yang “stuck”. Untuk kasus seperti ini sebaiknya kita tidak mencari margin yang tinggi. Yang kedua adalah dengan memberi diskon pada produk yang laris. Dengan cara menaikan dulu harga produk tersebut kemudian baru didiskon sehingga margin yang kita dapat tidaklah kecil.
  3. Mudah Dihubungi
    Anda bisa menambahkan fitur live chat pada website sobat. Tentunya kita harus sering membuka website kita sehingga tidak membuat customer terlalu lama menunggu balasan kita. Karena dengan adanya interaksi di live chat akan membuat customer memberikan komentar yang baik pada toko online kita. Kita juga bisa menambahkan kontak yang bisa dihubungi oleh customer untuk respon yang lebih cepat. Saat berinteraksi dengan customer kita juga harus memberikan pelayanan yang baik dan ramah, kita juga harus memberikan info detail tentang produk yang akan dibeli oleh customer kita.
  4. Memberikan Layanan Pengiriman Gratis
    Seperti yang sudah disinggung di atas tadi, pengiriman gratis ternyata mempunyai daya tarik tersendiri bagi calon customer. Tidak perlu memberi gratis ongkir untuk setiap pembelian tetapi dengan cara memberi gratis ongkir dengan mengatur jumlah minimal belanja. Misal dengan minimal pembelian 2 pc atau dengan pembelian minimal 200.000. Karena para customer lebih suka dengan embel-embel free ongkir.
  5. Memberikan Ucapan Terima Kasih
    Memberi ucapan terima kasih sangatlah berarti bagi customer Anda. Karena ucapan tersebut akan dinilai oleh customer kita. Dengan puasnya customer kita saat belanja maka tidak menutup kemungkinan customer nanti akan belanja lagi bahkan sampai merekomendasikan toko online kita.

Yang tidak boleh dilupakan pula adalah mengatur website toko online kita mudah diakses dan load-nya cepat, serta enak dipandang. Untuk itu, mengevaluasi website atau lapak secara berkala akan membuat sobat mengetahui bagaimana customer ketika sedang melihat toko online Anda. Berperanlah selayaknya sobat sebagai customer, dengan begitu sobat akan tahu apa yang sebenarnya mereka mau.
Dengan beberapa tips di atas tadi, meningkatkan penjualan toko online akan jadi lebih ringan. Jika sobat punya beberapa tips lain bisa di sharing lewat kolom komentar. Semoga artikel ini dapat membantu sobat dalam mengelola toko online.

Salam Gilang Tegar

Leave a Reply