3 faktor yang mempengaruhi otoritas domain (Domain Authority)

3 faktor yang mempengaruhi otoritas domain – Selamat malam sobat blogger. Kali ini saya akan membahas tentang 3 faktor yang mempengaruhi otoritas domain. Sebelumnya mungkin kita mengetahui bahwa tolok ukur suatu situs adalah dengan Google Page Rank ( PR ). Tapi sekarang kita tidak bisa mengetahui tingkat PR suatu situs karena Google telah resmi menghapus  Page Rank. Untuk sekarang yang menjadi acuan untuk menilai sebuah situs adalah dengan menggunakan Otoritas Domain atau sering disebut Domain Authority ( DA ). DA adalah salah satu cara untuk mengukur popularitas dari sebuah situs. Banyak para blogger yang menginginkan DA yang tinggi sehingga melakukan beberapa upaya untuk meningkatkan DA. MOZ sendiri mempunyai banyak kriteria untuk mengukur sebuah situs, mulai dari kualitas konten, Link building dll.

Berikut adalah tingkatan dari Otoritas Domain

  • 1-10 Poor
  • 11-20 Decent
  • 21-30 Fair
  • 31-40 Competitif
  • 41-50 Good
  • 51-60 Strong
  • 61-70 Excellent
  • 71-80 Outstanding
  • 81-90 Very Outstanding
  • 91-100 Rare

Baca juga cara mendapatkan backlink dengan memanfaatkan blog zombie tepat sasaran

3 faktor yang mempengaruhi otoritas domain

Nah disini saya akan merangkum dan fokus menjadi 3 faktor yang mempengaruhi  otoritas domain. Karena ketiga faktor ini menurut saya sangat penting dan apabila sobat bisa memaksimalkannya maka faktor-faktor lain akan mengikuti. Ok langsung saja ke penjelasan.

  1. Usia Domain
    Memang umur domain sangat menentukan sebuah website, semakin tua umur website maka nilai otoritas domain pun akan semakin tinggi. Banyak para blogger berpendapat semakin tua umur website maka peluang untuk mendominasi mesin pencarian akan semakin besar juga ( tentu saja kalau website tersebut aktif ).
  2. Popularitas Domain
    Kepopuleran sebuah domain di pengaruhi oleh banyak sedikitnya backlink. Sehingga sebuah website yang mempunyai banyak backlink berkualitas pasti nilai otoritas domainnya pun juga akan tinggi. Kita tidak bisa asal-asalan dalam membangun backlink, karena bisa dianggap spam oleh mesin pencari. Bila teman-teman ingin membangun sebuah backlink yang berkualitas, mulailah dari membuat konten yang berkualitas dan bermanfaat. Karena semakin banyak yang membaca konten kita, pengunjung pun akan ikut memperkenalkannya ke situ-situs lain. Otomatis website kita pun akan berkembang dan menjadi populer.
  3. Besarnya Domain
    Yang dimaksud disini adalah seberapa banyak halaman yang sobat buat dan yang teridex oleh mesin pencari. Karena semakin banyak halaman yang terindex maka nilai otoritas domain pun akan semakin tinggi pula. Maka sobat harus rajin-rajin dalam membuat postingan tanpa harus melupakan unsur berkualitas. Karena kalau tidak berkualitas maka akan sepi pembaca dan nilai otoritas domain pun tidak akan naik.

Ok sobat uraian diatas mengenai 3 faktor yang mempengaruhi otoritas domain. Semoga dengan artikel ini bisa membantu sobat dalam meningkatkan nilai otoritas domain sobat. Semoga bermanfaat.

 

Salam Gilang Tegar

8 thoughts on “3 faktor yang mempengaruhi otoritas domain ( Domain Authority )

    1. gilangtegar says:

      terimakasih sudah mampir…semoga bermanfaat

  1. Adit Prayuda says:

    wow, jadi semakin tua semakin bagus

    1. gilangtegar says:

      semakin tua semakin jadi gan
      makanya blog tua kalo dijual harganya lumayan gan daripada blog baru lahir
      hehehe

  2. faajri says:

    masalah banged domain, w belom ada uang buat beli 🙁

  3. pengetahuan baru
    pas artikelnya untuk menambah wawasan
    tenang pe mahaman blog le bih lanjut

  4. Apa sih bang benefitnya blog yang PA atau DA gede? Baru belajar blogging nih

  5. gadung giri says:

    jadi diperlukan usaha dan ketekunan yang baik ya supaya DA bisa berada pada level yang bagus. sepertinya tulang punggungnya adalah konten yang berkualitas dan stabil dalam membuat artikel. semoga pada betah dan telaten dalam mengurus blog ataupun website

Leave a Reply